Blog

Apakah Ada Kamera CCTV Tilang Elektronik?

Spread the love

Pelanggaran yang terjadi di jalan raya sekarang sudah tidak bisa dihitung lagi karena yang melakukan pelanggaran tersebut sudah banyak sekali. Untuk bisa menangani semua pelanggaran tersebut dulu pihak berwajib masih menindak pelanggar dengan cara manual tetapi cara ini sudah tidak terlalu diberlakukan karena jumlah polisi dengan pelanggar jauh berbeda sekali. Saat ini cara yang sudah mulai digunakan adalah dengan membuat sistem tilang elektronik. Jadi petugas tidak secara langsung menindak pelanggarnya tetapi pelanggar sendiri yang akan datang untuk mengurus kendaraannya yang tertilang.  Agar bisa melaksanakan program ini Ditlantas sudah memakai CCTV yang cukup canggih, CCTV yang dipakai ini teknologinya berbeda dengan teknologi CCTV rumahan.

Fungsi Cctv Tilang Elektronik Di Indonesia

Sekarang para pelanggar lalu lintas sudah tidak bisa bebas lagi karena sekarang Ditlantas sudah mulai memakai sistem tilang elektronik. Jadi kalau melanggar pelaku sendirilah yang akan repot mengurus semua prosesnya karena pihak Ditlantas hanya akan memberikan pemberitahuan tentang pelanggaran tersebut. Agar tahu ada yang melanggar atau tidak maka cara memantaunya lewat CCTV yang sudah dipasangkan di semua lampu lalu lintas. Untuk yang tidak tahu  fungsi dari CCTV yang dipakai Ditlantas itu apa maka bacalah penjelasan berikut.

  • Sebagai Penekan Angka Kecelakaan

Fungsi yang pertama adalah untuk menekan angka kecelakaan agar tidak banyak lagi kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Memang saat ini sering sekali terjadi kecelakaan apalagi kalau di kota besar pasti hampir setiap hari ada saja kecelakaan yang memakan korban. Agar tidak lagi ada kecelakaan jalan yang diambil oleh Ditlantas adalah dengan memasang beberapa CCTV di perempatan atau pertigaan yang sering terjadi kecelakaan. Dengan adanya CCTV ini pihak berwajib bisa memberikan arahan agar tidak lagi melakukan kesalahan yang menyebabkan kecelakaan.

  • Mempermudah Pekerjaan Pihak Berwajib

Fungsi yang kedua adalah mempermudah pekerjaan Ditlantas, kalau tidak ada CCTV tilang ini pasti akan semakin repot pekerjaan yang harus dilakukan oleh pihak berwajib ini. Sebab sekarang sudah makin banyak yang mempunyai kendaraan dan sering melakukan pelanggaran juga. Untuk jumlah pelanggar dan pihak yang menindak pelanggar ini jelas lebih banyak yang melanggar makanya dipakailah CCTV tilang ini agar pekerjaan tidak terlalu berat.

  • Mengurangi Angka Kejahatan

Fungsi yang ketiga adalah bisa mengurangi kejahatan yang terjadi di jalan raya, kalai sekarang yang namanya begal atau penodongan di jalan raya sudah sering sekali terjadi. Untuk korbannya juga sering sekali meninggal karena tindakan kejahatan tersebut, agar tidak lagi terjadi kejahatan ini maka digunakanlah CCTV ini. Supaya pihak yang akan berbuat jahat bisa langsung ketahuan.

Bagaimana Cara Membayar Tilang Elektronik?

Kalau terkena tilang pasti harus membayar biaya tilang tersebut agar bisa berkendara lagi. Kadang kalau mau membayar tilang itu tidak tahu caranya apalagi kalau tilang elektronik pasti banyak yang masih bingung. Ada dua cara yang dapat dicoba untuk membayar biaya tersebut, pertama adalah lewat ATM. Kalau mau bayar tinggal ke ATM saja setelah itu pilih saja pembayaran lainnya dan pilih briva setelah itu masukan nomor brivanya dan bayar saja.

Cara kedua adalah dengan mendatangi situs resmi bank yang mau digunakan tempat pembayaran, kalau sudah datang ke situs tersebut tinggal login saja. Setelah itu tinggal pilih tagihan, pembayaran dan briva, setelah sudah dibayar tinggal simpan buktinya saja untuk nantinya diberikan sebagai bukti.